Erat dengan Cerita Lutung Kasarung, Sumur di Ciamis Diyakini Berkhasiat

Acep Muslim ยท Senin, 12 Juli 2021 - 14:07:00 WIB
Erat dengan Cerita Lutung Kasarung, Sumur di Ciamis Diyakini Berkhasiat
Sumur Bandung di Ciamis diyakini bisa mengobati orang depresi atau penyakit kejiawaan lainnya. (Foto: iNewsTv/Acep Muslim)

CIAMIS, iNews.id - Sebuah sumur tua di Lingkungan atau Kampung Lebak RT 04/15 Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis mendadak jadi pusat perhatian. Banyak orang berdatangan dari luar daerah ke sumur yang berada di sekitar aliran Sungai Cileueur tersebut.

Konon kabarnya, mata air yang oleh warga setempat disebut Sumur Bandung ini bisa menyembuhkan orang stres atau penyakit kejiwaan lainnya. Kabar akan khasiat air sumur terus beredar di tengah masyarakat, sehingga air sumur banyak digunakan untuk mandi dan minum. Mereka datang untuk ngalap berkah berasal dari Bandung, Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Cianjur serta beberapa daerah lain di Jawa Barat.

Sumur tersebut berada di pinggiran kampung dan untuk menuju ke lokasi harus menyusuri gang kecil dengan kondisi menurun. Di ujung gang tampak sebuah bangunan tua yang tidak terurus, bagian atap banyak yang bolong serta sebagian dinding lapuk dimakan usia.

Tepat di bawah bangunan, terdapat sebuah mata air yang sangat jernih dengan dinding dari batu dan tidak terlalu dalam sekitar 1,5 meter. Pengunjung pun bisa dengan mudah mengambil air dengan gayung. Di dekatnya tedapat dua kamar yang sengaja disediakan bagi pengunjung yang ingin mandi. 

Menurut warga setempat, Midong Suryadi, air sumur yang jernih ini diyakini bisa mengobati penyakit tertentu. Cara pengobatannya dengan  mandi di sumur atau diminum.

"Saya juga kurang begitu tahu dari mana mereka dapat kabar kalau di sini ada sumur yang diyakini berkhasiat. Menurut penuturan pengunjung, air sumur yang jenih ini bisa mengobati kaleleban (depresi) akibat ditinggal orang dekat meninggal," kata Midong, Senin (12/7/2021). 

Dia juga menuturkan, keberadaan Sumur Bandung erat kaitan dengan cerita rakyat Lutung Kasarung. Konon kabarnya sumur ini digunakan untuk pemandian kembang tokoh Purbasari. Sehingga umur dari sumur ini diyakni sudah sangat tua, sejaman dengan Kerajaan Galuh.

Di bagian lain, Ketua RT 04, Ade, membenarkan saat ini banyak tamu dari berbagai daerah di luar Ciamis yang mendatangi rumahnya untuk  meminta antar ke Sumur Bandung. Bahkan, tidak sedikit yang berkunjung dari kalangan praktisi supranatural

"Sebenarnya ada sekitar empat sumur yang serupa di lingkungan Lebak yang memiliki khasiat berbeda. Kami juga mempersilakan kepada warga atau masyarakat setempat untuk menggunakannya," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: