Ekskavasi Lanjutan Gua Pawon KBB, Tim Arkeolog Temukan Tulang Hewan Buruan

Adi Haryanto ยท Selasa, 21 September 2021 - 17:21:00 WIB
Ekskavasi Lanjutan Gua Pawon KBB, Tim Arkeolog Temukan Tulang Hewan Buruan
Sejumlah perkakas dan artefak yang ditemukan Tim Arkeologi Jabar dalam ekskavasi lanjutan di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, KBB, Selasa (21/9/2021). (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, Inews.id - Tim Arkeologi Jabar mengekskavasi lanjutan di Gua Pawon di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dalam penelitian lanjutan itu, tim Arkeologi Jabar menemukan tulang belulang hewan buruan. 

Ekskavasi tersebut rencananya berlangsung selama 25 hari itu guna meneliti lanjutan menelusuri jejak kehidupan manusia prasejarah di era akhir Pleistosen.

Kepala Tim Arkeolog Jabar, Lutfi Yondri menyebutkan, pihaknya sudah selama enam hari berada di Gua Pawon. Sejauh ini dari peneliti aktivitas manusia prasejarah yang hidup sekitar 3.000 sampai 11.000 tahun lalu di Gua Pawon, pada kedalaman 3,2 meter ditemukan berbagai perkakas dan artefak peninggalan manusia Pawon.

"Gua Pawon ini cukup luas dan menjadi tempat multifungsi bagi manusia Pawon. Mereka bisa tidur, menetap, memasak, hingga membuat berbagai perkakas," katanya kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Dia sudah melihat jejak aktivitas manusia Pawon dari sisa makanan, artefak yang mereka tinggalkan, dan perhiasan yang dipakai saat itu. Ada juga ditemukan perkutor, batu pukul, dan artefak di tepian Danau Bandung purba, yang kemungkinan mereka dapatkan dari daerah Nagreg dan Garut.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: