Doa saat Gempa Terjadi atau Sesudahnya, Arab, Latin Beserta Artinya

Kastolani · Senin, 21 November 2022 - 17:59:00 WIB
Doa saat Gempa Terjadi atau Sesudahnya, Arab, Latin Beserta Artinya
Muslim dianjurkan membaca doa saat gempa terjadi atau sesudahnya agar selamat dari bencana. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa saat gempa terjadi atau sesudahnya lengkap dengan Arab, latin beserta artinya penting diamalkan agar diberikan keselamatan dari bencana tersebut. 

Indonesia yang disebut negara cincin api memang kerap dilanda gempa bumi. Hampir tiap hari wilayah Indonesia diguncang gempa baik dengan magnitudo besar maupun kecil. Terkini, gempa dengan Magnitudo 5,6, di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) yang mengakibatkan 56 orang meninggal dan 700 luka-luka.

Dalam Al Quran, gempa bumi ada kalanya disebutkan sebagai sunnatullah atau ketetapan Allah yang mesti terjadi, juga disebutkan karena ulah manusia dan sebagai adzab seperti umat terdahulu yang membangkang perintah-perintah Allah.

Muhammad Makmun Abha, mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam artikelnya berjudul Gempa Bumi Dalam Al Qur'an (tafsir tematik) yang dikutip iNews.id menjelaskan, kajian tentang gempa bumi ini akan menarik jika ditelusuri lebih lanjut dari sudut pandang al-Quran karena di dalam kitab suci itu ditemukan banyak sekali ayat-ayat yang membicarakan gempa bumi.

Al Quran mempunyai berbagai pilihan kata dalam menjelaskan gempa bumi. Salah satunya al zalzalah dalam Surat Al-Baqarah ayat 214, Surat Al Ahzab ayat 11, Surat Al-Hajj ayat 1-2 dan Surat Zalzalah ayat 1-2.

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ - ٢١٤

Latin: Am hasibtum an tadkhulul jannata walammaa ya tikum matsalul ladziina kholau min qablikum massathumul ba'saaaaa u wadh dharraaaaa u wa zulziluu hattaaa yaquula rasuulu walladziina aamanuu ma'ahuu mataa nashrullaahi alaaa inna nashrullaahi qariib.

Artinya: Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. (QS. Al Baqarah ayat 214).

Dalam peristiwa terjadinya gempa bumi memang tidak semuanya bersumber dari kesalahan manusia dan atau karena murka Allah, akan tetapi gempa bumi itu datang bisa juga karena sudah merupakan kehendak dari Allah, dengan seizin-Nya suatu bencana bisa terjadi kapan pun dan di mana pun serta tanpa diduga-duga sebagaimana disebutkan dalam firman Allah berikut.

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ - 

Artinya: Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa yang beriman kepada Allah niscaya dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Taghabun: 11).

Lantas, doa apa yang diamalkan ketika terjadi gempa. Berikut kumpulan doa saat terjadi gempa lengkap teks Arab, latin beserta artinya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: