Dituduh Lakukan Pungli, Tim Pengusung Jenazah Kota Bandung Angkat Bicara

Agus Warsudi ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 16:30:00 WIB
Dituduh Lakukan Pungli, Tim Pengusung Jenazah Kota Bandung Angkat Bicara
Keluarga terpaksa mengusung sendiri peti mati berisi jenazah Covid-19 di pemakaman Cikadut. (Foto: Istimewa)

"Iya sebenernya kami juga bukan tidak ada rasa kemanusiaan untuk menolong lagi, gitu kan. Namun, kami juga memiliki perasaan lah karena banyak hujatan dari netizen. Bahkan dari instansi, pejabat. Kata-katanya mungkin kurang pas buat kami. Kamihentikan aktivitas memikul (peti mati) dan mengantarkan jenazah (ke makam)," tutur Afak 

"Alasan kita berhenti memikul karena kita sudah diabaikan selama 11 bulan tanpa ada perhatian dari pemerintah. Mungkin saatnya sekarang pemerintah memerhatikan kita disini, bahwa kami itu (tim pengusung peti mati) ada di sini," ucapnya. 

Aksi mogok mengusung peti mati tersebut akan dilakukan hingga ada keputusan dari Pemkot Bandung. "Mungkin (aksi mogok) sampai ada keputusan dari pemerintah kepada kami. Ya kejelasan. Kami sebenarnya sudah memaafkan, cuma alangkah baiknya, bila si pejabat tersebut meminta maaf kepada rekan-rekan kami yang sudah tersudutkan di sosmed," ujar Afak.

Afak berharap Pemkot Bandung menjadikan mereka sebagai pekerja harian lepas (PHL). "Kalau untuk itu (PHL), memang sudah ada informasi mau ada merekrut temen-temen kami. Namun merekrut di masa pandemi saja tidak permanen. Padahal harapan kami direkrut sebagai pekerja PHL permanen," tuturnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: