Dishub Jabar Akan Perketat Jalur Tikus yang Berpotensi Dilalui Pemudik

Arif Budianto · Jumat, 09 April 2021 - 07:55:00 WIB
Dishub Jabar Akan Perketat Jalur Tikus yang Berpotensi Dilalui Pemudik
Pemudik motor dari Jakarta tiba di jalur Pantura Cirebon (Foto: iNews/Miftahudin).

BANDUNG, iNews.id - Dinas Perhubungan Jawa Barat (Jabar) akan menjaga ketat jalur tikus yang berpotensi dilalui para pemudik. Sebab ada banyak masyarakat yang tetap nekat pulang ke kampung halaman jelang lebaran 2021.

"Yang kita khawatirkan dalam berbagai rapat koordinasi, masukan dari teman-teman Organda dan PO, jangan sampai ada masuk ilegal lewat jalan tikus," kata Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Hery Antasari, Kamis (8/4/2021).

Petugas di lapangan, kata dia, akan lebih waspada dan menyekat titik rawan dilintasi pemudik di sejumlah ruas jalur tikus. Hal ini belajar dari hasil evaluasi tahun lalu.

Berdasarkan data pusat Litbang Kemenuhub, ada sekitar 83 juta warga di Indonesia yang diprediksi melakukan mudik tahunan. Adapun 52 juta di antaranya dari Pulau Jawa.

Diprediksi ada 17 juta warga Jabar yang akan melakukan mudik meski sudah ada larangan dari pemerintah. Langkah antisipasinya dengan bekerja sama dengan dinas perhubungan di kabupaten dan kota serta Satgas Penanganan Covid-19 daerah.

"Artinya setiap daerah harus aware dengan data dan harus siap dengan kebijakan. Tapi konsepnya lebih ke pendekatan dan koordinasi," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: