Disdukcapil KBB Siapkan Jalur Khusus Perekaman KTP Elektronik bagi Transgender

Adi Haryanto · Rabu, 29 September 2021 - 18:09:00 WIB
Disdukcapil KBB Siapkan Jalur Khusus Perekaman KTP Elektronik bagi Transgender
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, KBB, Hendra Trismayadi. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap memberikan pelayanan perekaman KTP Elektronik (KTP-el) kepada transgender. Pelayanan tersebut mengacu kepada Permendagri Nomor 96 tahun 2019.

Dalam pemendagri tersebut menyatakan bahwa kewajiban negara yakni memberikan identitas kepada seluruh penduduk di Indonesia baik WNI maupun WNA yang memiliki kartu izin tinggal tetap (KITAP).

"Kami sudah siap untuk perekaman itu (transgender). Rencananya bulan depan sudah bisa," kata Kepala Disdukcapil KBB, Hendra Trismayadi, Rabu (29/9/2021).

Pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada komunitas transgender. Sebab ada ketentuan yang mengacu pada aturan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait elemen datanya.  

Dijelaskannya, dalam perekaman KTP-el ini nantinya tidak akan ada perubahan elemen data. Untuk data jenis kelamin harus mengikuti sesuai dengan asalnya. Kecuali, jika mereka telah menjalani operasi kelamin dan mendapat keputusan pengadilan.

"Data jenis kelamin, kan cuma ada dua, laki-laki dan perempuan, itu harus sesuai asalnya. Kalau data yang lainnya sesuai akta lahir atau KK," ujar Hendra.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: