Dapat 43 Unit Kendaraan Tempur Baru Buatan Pindad, TNI Semakin Sangar

Arif Budianto ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 20:03:00 WIB
Dapat 43 Unit Kendaraan Tempur Baru Buatan Pindad, TNI Semakin Sangar
Sebanyak 43 unit ranpur baru buatan PT Pindad membuat TNI semakin kuat dan sangar. (Foto: Istimewa/Humas PT Pindad)

"Kami bangga bisa menyerahkan 43 unit kendaraan yang terdiri dari Anoa, Badak, dan Komodo oleh Menhan untuk mendukung tugas pokok TNI," kata Dirut PT Pindad.

Ranpur Badak 6x6 dibuat berdasarkan kebutuhan TNI khususnya untuk mendukung satuan kavaleri. Kendaraan ini memiliki bobot 16,5 ton, dilengkapi dengan turret kaliber 90 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal dan dioperasikan oleh 3 orang personel.

Mesin diesel 340 HP yang dilengkapi dengan Turbo Charger Inter Cooler mampu membawa kendaraan dan prajurit yang mengoperasikannya pada top speed 80 km per jam dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer. Ranpur Badak juga dilengkapi body protection baja antipeluru dan memiliki level proteksi stanag level 3.

Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut. Anoa 6x6 APC memiliki bobot 13 ton, dibekali mesin diesel 320 HP dengan Turbo Charger inter cooler, dilengkapi dengan Remote Controlled Weapon Station (RCWS), sistem komunikasi dan transmisi otomatis. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: