Dampak Tanggul Sungai Cisunggalah Jebol, Puluhan Rumah di Solokan Jeruk Bandung Rusak

Mujib Prayitno ยท Sabtu, 12 Juni 2021 - 10:09:00 WIB
Dampak Tanggul Sungai Cisunggalah Jebol, Puluhan Rumah di Solokan Jeruk Bandung Rusak
Warga Kampung Muara, Desa Panyadap gotong royong membersihkan lumpur dan benda-benda yang terbawa banjir. (Foto: iNews/Mujib Prayitno)

BANDUNG, iNews.id - Dampak tanggul Sungai Cisunggalah jebol sehingga air merendak permukiman, puluhan rumah di dua RW Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, rusak, Sabtu (12/6/2021). Saat ini warga membersihkan rumah-rumah mereka dari lumpur yang terbawa banjir pada Jumat (11/6/2021) petang.

Sedangkan warga yang rumahnya rusak, terpaksa mengungsi ke rumah saudara atau kerabat. Kerusakan yang terjadi berupa beberapa bagian tembok rumah jebol. Puluhan rumah yang rusak tersebut berada di Kampung Muara RW 01 dan 02, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk.

Bukan hanya itu, warga juga mengalami kerugian materi cukup besar. Pasalnya, peralatan alat elektronik milik warga, seperti televisi, kulkas, dan lain-lain, rusak akibat terendam banjir.

"Warga membutuhkan pakaian, selimut, dan bahan makanan. Sebagian warga terdampak memilih mengungsi di rumah keluarganya," kata Ade Rosmayanti, warga Kampung Muara.

Hingga kini, Pemerintah Desa (Pemdes) Panyadap masih melakukan pendataan kerusakan serta kerugian yang dialami ratusan masyarakat akibat tanggul jebol dan banjir yang disebabkan meluapnya air Sungai Cisunggalah.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3