Cuaca Ekstrem, Status Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor di KBB Belum Dicabut

Adi Haryanto · Rabu, 30 Maret 2022 - 16:47:00 WIB
Cuaca Ekstrem, Status Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor di KBB Belum Dicabut
Banjir akibat luapan air Sungai Cihaur di Kampung Ciharashas, Desa Margajaya, Ngamprah, KBB, dikhawatirkan kembali terulang. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Status siaga darurat bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum dicabut. Pemerintah setempat beralasan kondisi cuaca ekstrem yang kerap menjadi pemicu terjadinya bencana alam.

"Pemerintah daerah masih menetapkan siaga darurat bencana banjir bandang dan longsor hingga 31 April 2022, jadi masyarakat tetap harus waspada karena cuaca ekstrem masih terjadi," kata Kepada Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo, Rabu (30/3/2022).

Duddy mengatakan, potensi bencana alam akibat cuaca ekstrem masih mungkin terjadi hingga akhir bulan April. Oleh karena itu masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana seperti perbukitan, pegunungan, dan daerah aliran sungai, harus waspada saat hujan deras turun. 

Seperti yang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang selama tiga hari berturut-turut pada 25-28 Maret 2022 lalu. Total tercatat ada delapan laporan kejadian bencana yang dilaporkan ke BPBD. Seperti terjadi di Kecamatan Lembang, Cipongkor, Gununghalu, Saguling, Ngamprah, dan Padalarang. 

"Selama tiga hari itu ada delapan titik bencana seperti longsor, banguban ambruk, angin puting beliung, dan banjir," sebut Duddy.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: