Cuaca Buruk, Ribuan Nelayan Pantura Subang Tak Melaut, Keluarga Terancam Kelaparan

Yudy Heryawan Juanda ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 09:40:00 WIB
Cuaca Buruk, Ribuan Nelayan Pantura Subang Tak Melaut, Keluarga Terancam Kelaparan
Nelayan pantura Subang terpaksa menyandarkan perahu mereka ke dermaga karena cuaca buruk. (Foto: iNews/YUDY HERYAWAN JUANDA)

SUBANG, iNews.id - Cuaca buruk di perairan utara (pantura) Jawa Barat, membuat ribuan nelayan Kabupaten Subang tidak merani melaut. Mereka memilih menyandarkan perahu mereka di dermaga dan memperbaiki alat tangkap sambil menunggu cuaca kembali baik.

Pantuan di dermaga Muara Ciasem, Subang, terlihat seribu lebih kapal nelayan tadisional. Sementara, ombat pantai Ciasem cukup besar dengan angin bertiup kencang dari darat ke laut. Jika kondisi seperti ini berlangsung lama, nelayan tak mendapatkan penghasilan dan keluarga mereka terancam kelaparan.

Kondisi cuaca buruk, angin kencang, hujan deras disertai petir, dan gelombang tinggi telah sepekan terakhir ini melanda perairan laut utara Jabar. Ombak dengan ketinggian 2 hingga 3 meter dan angin kencanga membuat nelayan tak berani mengambil risiko keselamatan mereka.

Sutarji, nelayan Ciasem, Subang mengatkaan, jika cuaca buruk berlangsung lama, nelayan akan kehilangan penghasilan. Mereka terpaksa menggunakan tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: