Cerita Warga dari Tangerang Lolos Pemeriksaan Petugas saat Pulang ke Kuningan

Wisnu Yusep ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 01:55:00 WIB
Cerita Warga dari Tangerang Lolos Pemeriksaan Petugas saat Pulang ke Kuningan
Pengendara dari Tangerang diperiksa petugas di check poin Kuningan. (Foto: iNews/Wisnu Yusep).

KUNINGAN, iNews.id – Seorang warga dari Tangerang lolos pemeriksaan petugas saat pulang ke kampung halaman istri di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar). Namun dia sempat menjalani pemeriksaan dan interogasi dari petugas.

Warga asal Cilimus yang enggan disebutkan namanya ini disetop petugas di pos chek poin Patung Tugu Ikan Sampora. Dia mengendarai mobil plat B, sehingga diberhentikan petugas.

Pantauan iNews, seorang petugas BPBD, Giri, meminta identitas pengemudi tersebut. Tercatat warga ini berdomisili di Tangerang. Lalu dia meminta pengendara ini menyerahkan surat keterangan bebas Covid-19.

"Mana surat-surat bebas Covid-19, dan hasil swab antigennya," kata Giri menginterogasi warga tersebut, Kamis (7/5/2021) malam.

Pengemudi ini tak bisa menunjukkan surat keterangan dan dokumen yang diminta. Dia berdalih bahwa istrinya warga asli Kuningan dan tinggal di daerah tersebut.

"Saya baru balik dari Tangerang, karena sebelumnya sudah berada di Kuningan. Tapi satu pekan terakhir ini saya di rumah orang tua istri," ujarnya.

Giri kemudian memberikan penjelasan soal larangan mudik. Dia lantas meminta petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh pengendara dari Tangerang ini dan dinyatakan normal.

"Kalau istri bapak tinggal di sini, sebaiknya minta surat keterangan dari desa, karena KTP bapak Tangerang," kata Giri.

Meski begitu, petugas tidak bisa berbuat banyak. Pengendara tersebut tetap diloloskan dengan diarahkan agar melaporkan keberadaanya di Kuningan kepada aparatur desa setempat.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal