Catat, Ini Pelat Nomor Kendaraan yang Akan Diperiksa saat Masuk Kuningan

Wisnu Yusep ยท Kamis, 06 Mei 2021 - 22:26:00 WIB
Catat, Ini Pelat Nomor Kendaraan yang Akan Diperiksa saat Masuk Kuningan
Petugas menghentikan mobil travel saat memasuki Kabupaten Kuningan. Semua penumpang pun diperiksa kelengkapan dokumennya. (Foto: iNewsid/Wisnu Yusep)

KUNINGAN, iNews.id – Sejumlah pelat nomor kendaraan paling sering diperiksa petugas saat melewati cek pon Tugu Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan di hari pertama penyekatan, Kamis (6/5/2021). Dengan beberapa pelat nomor tersebut, petugas akan mencurigai bahwa penumpangnya merupakan pemudik yang akan pulang kampung.    

Petugas gabungan bakal menyetop kendaraan berpelat nomor B, D, Z dan T. Meskipun banyak di antara penumpangnya merupakan warga lokal yang sedang berkativitas di dalam kota.

Pantauan MNC Portal Indonesia di pos cek poin Tugu Patung Ikan Sampora pada pukul 21.00 WIB, arus kendaraan yang semulanya sepi mendadak ramai. Kendaraan luar daerah terlihat mulai memasuki wilayah Kuningan.

Mereka yang diberhentikan oleh petugas akan ditanya identitas, surat-surat bebas Covid-19 dan bahkan tujuan memasuki wilayah Kuningan. Namun demikian, kebanyakan pengemudi dan penumpang mengaku kepada petugas hanya datang dari wilayah Cirebon.

"Baru dari CSB wilayah Cirebon," kata seorang sopir pelat nomor DA ketika ditanyai petugas.

Petugas pun mempertanyakan perihal berkas-berkas bebas Covid-19. Namun, baik sopir maupun penumpangnya tidak bisa menunjukkan surat yang diminta. Mereka mengaku merupakan orang asli pribumi yang tinggal di wilayah Cikijing, Kabupaten Majalengka.

"Kita satu keluarga dari Cikijing, abis main di Cirebon. Tadi juga penyekatan di Cirebon, lolos, karena memang mau pulang," kata seorang penumpang.

Karena hal itu, petugas pun mengingatkan agar mereka meminta surat keterangan dari Desa setempat bila ingin melakukan aktivitas di wilayah Cirebon, Kuningan dan Majalengka. 

"Kalau memang mau beraktivitas bisa meminta surat keterangan kepada desa setempat, karena untuk mengantisipasi penyebarab Covid-19," kata Giri, petugas di cek poin Tugu Patung Ikan Sampora.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: