Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Kota Bandung

Hanna Ratih Aninditya ยท Sabtu, 17 September 2022 - 18:44:00 WIB
Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Kota Bandung
Suasana Kota Bandung saat ini. (FOTO: DOK)

BANDUNG, iNews.id - Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal-usul Kota Bandung, saat ini menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Bandung adalah kota yang dikenal dengan udaranya yang sejuk dan memiliki keindahan sehingga dijuluki sebagai Parijs van Java.

Selain itu, Kota Bandung juga identik dengan sebuah Sungai Cikapundung, anak Sungai Citarum. Sungai Citarum memiliki keterkaitan yang melekat dengan Kota Bandung. Lalu bagaimana asal muasal Kota Bandung?

Zaman dulu, hiduplah seseorang yang memiliki kekuatan sakti bernama Empu Wisesa. Dia memiliki putri yang sangat disayangi bernama Sekar. Selain itu, Empu juga memiliki dua anak murid yang bernama Wira dan Jaka.

Ketika Empu masih muda, Gunung Tangkubanparahu sempat meletus dahsyat. Letusan itu memakan banyak sekali korba jiwa. Kemudian Empu mengunjugi sebuah desa yang terkena dampak letusan gunung tersebut. Saat dia berkunjung, tiba-tiba menemukan bayi yang orang tuanya meninggal akibat letusan gunung tersebut.

Empu Wisesa akhirnya memutuskan untuk merawat bayi tersebut. Bayi itu adalah Wira dan Jaka yang kemudian menjadi murid Empu Wisesa. Saat itu lahar Tangkuban Perahu masih terus menjalar hingga belasan tahun lamanya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: