Cerita Polwan Karawang saat Pengamanan Lebaran, Ukur Kesabaran di Musim Mudik

Nilakusuma ยท Sabtu, 07 Mei 2022 - 11:44:00 WIB
Cerita Polwan Karawang saat Pengamanan Lebaran, Ukur Kesabaran di Musim Mudik
Briptu Khoerunisa saat bekerja dengan kesabaran menghadapi para pemudik. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Cerita tentang mudik tidak hanya soal kemacetan atau pulang kampung. Mudik juga menggambarkan tentang kerja keras polisi dalam mengatur arus lalu lintas

Mengatur jutaan orang dengan kendaraan roda dua dan roda empat dalam waktu serentak, bukan soal mudah. Selain kecerdasan dan fisik yang prima kesabaran juga menjadi faktor utama dalam bertugas.

Seperti yang dialami Briptu Khoerunisa, anggota Polwan Polres Karawang yang bertugas di Tol Jakarta-Cikampek. Selama arus mudik hingga arus balik Lebaran dia selalu standby mengatur lalu lintas. Ketika arus lalu lintas sedang padat, dia sudah berdiri di pinggir jalan sambil menggerakan tangan mengatur pergerakan kendaraan roda empat agar berjalan lebih cepat. Sesekali tangannya diangkat tinggi  meminta kendaraan berhenti dan melanjutkan perjalanan.

Khoerunisa menjadi perhatian jutaan pasang mata pemudik. Ini karena saat bertugas di Rest Area Km 62 Tol Jakarta-Cikampek, dia membawa karton yang ditempel sebidang kayu dengan tulisan 'Mohon Maaf Mengganggu Istirahat Anda. Jangan Berhenti Dibahu Jalan'. Dia berdiri di pinggir jalan dengan tulisan tersebut hingga menarik perhatian para pemudik. Tugas yang diberikan kepada Khoerunisa bukan tugas ringan meski hanya berdiri di pinggir jalan.

Soal cuaca panas sudah tidak menjadi keluhannya saat bertugas. Yang membuatnya harus menahan sabar luar biasa yaitu protes pemudik hingga caci maki terhadap dirinya. Namun semua protes bahkan segala bentuk cacian pemudik dihadapi dengan senyum ceria dan kesabaran. 

"Sudah risiko pekerjaan, semua orang memang lelah jadi sabarin saja," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: