Cerita Direktur BSR Marina Puspita, Tukar 108 Keping Emas dengan Sampah

Arif Budianto ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 20:55:00 WIB
Cerita Direktur BSR Marina Puspita, Tukar 108 Keping Emas dengan Sampah
Emas mini yang bisa ditukar dengan sampah. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Siapa tak tahu komoditi emas. Logam mulia yang tahan terhadap inflasi dan resesi ekonomi. Tak heran bila semua masyarakat mengidamkan memiliki emas, walaupun jumlahnya masih dalam nominal gram. 

Tetapi tahukah Anda, memiliki emas saat ini buka hal sulit. Anda cukup mengumpulkan, memilah, dan menjual sampah, bisa membawa pulang emas. Buktinya, sampai saat ini Bank Sampah Resik (BSR) PD Kebersihan Kota Bandung telah mengeluarkan 108 keping emas mini yang ditukar dengan sampah.

Walaupun kepingan emas mini dengan dengan nilai 0,025 sampai 1 gram, tapi cukup membanggakan bagi mayarakat yang menukar sampah. 

Direktur Bank Sampah Resik, Marina Puspita, program menabung sampah jadi emas ini saat dikenalkan kepada para nasabah. Awalnya banyak yang tidak percaya emas tersebut merupakan emas asli.

"Jadi pas kami sodorin emas itu, banyak yang bertanya ini emas asli atau bukan? Karena ini emas mini kan. Kita kampanyenya juga cukup Rp40 ribu bisa dapat emas. Jadi akhirnya banyak juga yang antusias," kata Marina.

Menurut Marina, pihaknya mengutamakan para ibu rumah tangga sebagai sasaran. Bank Sampah Resik juga menerima penukaran emas untuk diuangkan atau ditukar ke gram yang lebih tinggi.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3