Cegah Lonjakan Pengunjung, Penjualan Tiket Objek Wisata di Pangandaran Mulai Diatur

Syamsul Ma'arif · Selasa, 18 Mei 2021 - 10:36:00 WIB
Cegah Lonjakan Pengunjung, Penjualan Tiket Objek Wisata di Pangandaran Mulai Diatur
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata didampingi Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan menyebutkan pembatasan wisatawan diperketat. (iNews.id/Syamsul Ma'arif)

PANGANDARAN, iNews.id - Wisatawan ke Pangandaran mulai diatur menyusul dibukanya semua objek wisata di kabupaten tersebut pada hari ini, Selasa (18/5/2021). Salah satu bentuk pengaturannya melalui pembatasan penjualan tiket di setiap objek wisata. 

Hal itu sebagai upaya Pemkab Pangandaran dalam mengatur jumlah kunjungan wisata yang datang dari luar daerah pascapenutupan sementara semua objek wisata atas instruksi Gubernur Jawa Barat.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, berkaca dari kejadian membeludaknya pengunjung di Pantai Batukaras, Sabtu (15/5/2021) angka kunjungan wisatawan mencapai 13.000 orang.

"Areal objek wisata Pantai Batukaras itu kecil, sehingga saat pengunjung berada di kawasan wisata terlihat sangat padat," kata Jeje Selasa (18/5/2021).

Selain terlihat padat, kata dia, banyak pengunjung baik dari masyarakat lokal atau regional tidak taat protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

"Agar kejadian serupa tidak terulang, kami menyiapkan beberapa alternatif di antaranya membatasi penjualan tiket masuk di setiap objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran," ujarnya.

Selain itu, upaya pemerintah daerah juga membuat kesepakatan dengan pelaku usaha wisata dan masyarakat secara tertulis yang ditandatangani oleh masyarakat soal penerapan protokol kesehatan.

"Jika perjanjian yang telah disepakati dilanggar, risikonya bisa ditutup kembali objek wisata yang ada," tutur Jeje.

Jeje menjelaskan, dengan status Kabupaten Pangandaran masuk zona kuning Covid-19, harus jadi perhatian bersama karena Pemerintah Pusat membolehkan objek wisata dibuka.

"Kalau daerah zona merah dan orange objek wisatanya tidak boleh dibuka, beruntung Kabupaten Pangandaran angka kasus Covid-19 mengalami penurunan," katanya.

Keberuntungan Kabupaten Pangandaran tersebut, kata Jeje, harus dijaga dan dipertahankan bersama oleh masyarakat agar output pembukaan objek wisata menjadi geliat ekonomi yang baik bagi masyarakat.

"Kami berpesan kepada calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Pangandaran untuk mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.

Editor : Asep Supiandi