Cegah Kebocoran Pajak, 25 Tapping Box Dipasang di Restoran dan Tempat Parkir

Adi Haryanto ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 11:21:00 WIB
Cegah Kebocoran Pajak, 25 Tapping Box Dipasang di Restoran dan Tempat Parkir
Salah satu rumah makan yang telah dipasang tapping box dan portable data terminal (PDT) di Kota Cimahi. (Foto: Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Sebanyak 25 tapping box atau alat pencatat transaksi elektronik dan portable data terminal (PDT) dipasang di sejumlah rumah makan dan tempat parkir yang masuk wajib pajak (WP) self-assessment di Kota Cimahi. Pemasangan ini dimaksudkan untuk menggenjot penerimaan pendapatan pajak sekaligus mencegah kebocoran.

"Ada 25 tapping box yang sudah dipasang tahun lalu. Kami maintenance sambil meminta tambahan alat lagi ke bjb (Bank Jabar)," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Cimahi, Ahmad Saepuloh, Kamis (21/1/2021).

Ahmad menyebutkan, pemasangan tapping box ini terbilang efektif, karena jadi ada data pembanding untuk para WP (wajib pajak) membayar secara tepat jumlah. Pihaknya berharap semua WP bisa dipasang tapping box, namun dilakukan survei dan pemetaan lebih dulu. 

Sejauh ini pihaknya terus melakukan perawatan minimal sebulan sekali. Apabila ada tapping box yang tidak aktif, dibuatkan jadwal maintenance dengan vendor untuk langsung datang ke lokasi. Biasanya karena habis kuota sim card atau karena konektornya terlepas. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: