Bodebek Dukung PSBB Jakarta, Ridwan Kamil: Kalau Zona Merah Diperketat

Faieq Hidayat ยท Senin, 14 September 2020 - 15:37 WIB
Bodebek Dukung PSBB Jakarta, Ridwan Kamil: Kalau Zona Merah Diperketat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto Antara),

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rapat bersama kepala derah wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) pada hari ini Senin (14/9/2020). Hasilnya mereka mendukung pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta.

"Tadi saya rapat dengan kepala daerah di Bodebek semua satu suara dan kompak mendukung DKI untuk mendukung PSBB pengetatan," ucap Ridwan di Puskesmas Garuda, Bandung, Senin (14/9/2020).

Menurut dia, Bodebek akan melakukan pengetatan di zona merah seperti DKI Jakarta. Namun banyak tidak ada zona merah di Bodebek sehingga memberlakukan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Bodebek melakukan pengetatan di zona merah sama persis dengan DKI, kalau zona merah dikurangi 25 persen. Tapi karena banyak tidak ada zona merah tentu pemberlakukan PSBM," ucap dia.

Mulai besok Selasa (15/9/2020), pria disapa Kang Emil ini akan mengecek fasilitas kesehatan di Bogor dan Depok. "Besok saya cek fasilitas kesehatan ada yang terukur kayak Bogor tapi ada yang sudah mulai naik seperti di Depok ini cari solusi," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan PSBB diterapkan selama dua pekan mulai hari ini, Senin (14/9/2020). Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 yang merevisi Pergub Nomor 33 Tahun 2020.

"PSBB mulai berlaku 14 September 2020 selama 14 hari yang berbeda dibanding PSBB transisi sebelumnya," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Salah satu pertimbangan Anies menerapkan kembali PSBB karena terjadi lonjakan kasus positif covid-19 selama 12 hari terakhir. Bahkan menurutnya penambahan kasus positif Covid-19 selama 12 hari terakhir menyumbang 25 persen total pasien positif Covid-19 di ibu kota.


Editor : Faieq Hidayat