BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem, Ini Wilayah Berstatus Siaga di KBB

Adi Haryanto ยท Jumat, 21 Mei 2021 - 15:30:00 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem, Ini Wilayah Berstatus Siaga di KBB
Sejumlah wilayah di KBB menjadi daerah yang rawan bencana. BMKG peringatkan cuaca ekstrem. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung telah mengeluarkan informasi terkait potensi cuaca ekstrem yang bakal terjadi beberapa hari ke depan di wilayah Bandung Raya. Beberapa wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) termasuk kategori waspada potensi dampak cuaca ekstrem tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo mengatakan, jika saat ini wilayah KBB masih dalam status siaga cuaca ekstrem. Karena kondisi cuaca ekstrem diprakirakan akan terjadi di wilayah tersebut.

"Sampai akhir bulan Mei, kami masih menetapkan status siaga potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Bandung Barat," ucapnya, Jumat (21/5/2021).

Dia menyebutkan, beberapa wilayah di KBB memang masuk pada kategori waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, serta tanah longsor. Baik untuk wilayah utara, barat, dan selatan KBB yang memiliki kontur perbukitan. 

Beberapa daerah tersebut di antaranya Lembang, Parongpong, Cisarua, Padalarang, Ngamprah, Batujajar, Cihampelas, Rongga, Gununghalu, Sindangkerta, serta Saguling. Oleh karenanya masyarakat di wilayah tersebut diminta untuk waspada. 

"Ada juga potensi angin puting beliung. Biasanya di lokasi yang relatif datar seperti Padalarang, Batujajar,  Saguling, Cipatat, Cikalongwetan, dan Cipeundeuy," sebutnya.

Pihaknya meminta masyarakat tetap waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan. "Jika memungkinkan bisa juga mengakses perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG, karena itu sangat membantu mitigasi potensi cuaca ekstrem," kata dia. 

Editor : Asep Supiandi