Banyak Perantau Akan Pulang Kampung ke Cianjur, Penyekatan di Perbatasan Diperpanjang

Antara ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 17:46:00 WIB
Banyak Perantau Akan Pulang Kampung ke Cianjur, Penyekatan di Perbatasan Diperpanjang
Ribuan pemudik dari arah Jakarta menjebol penyekatan petugas di Alam Segar, Puncak Cianjur. (Foto: iNews/M Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews,id - Petugas gabungan memprediksi masih banyak perantau yang akan pulang kampung ke Cianjur. Sehingga pemeriksaan dan penyekatan di daerah perbatasan dengan kabupaten tetangga akan diperpanjang.

Perpanjangan penyekatan dilakukan hingga 27 Mei 2021 di lima titik perbatasan yang selama ini menjadi pintu masuk para bagi para perantau. 

"Petugas gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dinkes, dan PMI Cianjur akan meningkatkan pemeriksaan di lima titik penyekatan perbatasan seperti Haurwangi, Gekbrong, Bundaran Tugu Lampu Gentur, Seger Alam, dan Cikalongkulon, terutama pemeriksaan kendaraan dari luar kota menuju Cianjur," kata Kepala Satpol PP Cianjur, Hendry Prasetyadi, Rabu (19/5/2021).

Dia menjelaskan, penyekatan ditingkatkan untuk mengantisipasi pergerakan massa yang akan mudik setelah libur Lebaran dengan dalih berwisata. Petugas tetap akan melakukan pemeriksaan ketat, termasuk surat keterangan bebas Covid-19 atau hasil rapid test antingen atau SIKM.

"Penyekatan akan terus dilakukan sampai 27 Mei untuk mengantisipasi pergerakan masa setelah libur Lebaran. Penyekatan akan difokuskan di lima titik perbatasan Cianjur dengan kabupaten lain, seperti Bogor-Cianjur, Bandung Barat-Cianjur, dan Sukabumi-Cianjur," katanya.

Tidak hanya jalur utama perbatasan, kata dia, pihaknya melibatkan petugas gabungan di setiap kecamatan, untuk melakukan penyekatan yang sama di sejumlah jalur tikus mulai dari utara hingga selatan Cianjur, seperti Cidaun, Naringgul, dan Campaka Mulya.

Pihaknya mencatat hingga hari keempat setelah Lebaran, petugas gabungan telah memulangkan 9.355 kendaraan dengan tujuan mudik jarak dekat karena tidak mengantongi surat bebas Covid-19 antigen dan SIKM, sehingga mereka dipulangkan kembali ke daerah asal.

Bahkan hingga hari ini, pihaknya masih menemukan belasan kendaraan dengan tujuan mudik bernopol Jakarta, terpaksa dipulangkan karena tidak mengantongi surat bebas Covid-19 dan SIKM.

"Hari ini masih ada yang terjaring di penyekatan bundaran Tugu Lampu Gentur dan Puncak Pass," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi