BIN Gelar Rapid Test Covid-19 di Bandung, 1 Orang Reaktif

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 13:55 WIB
BIN Gelar Rapid Test Covid-19 di Bandung, 1 Orang Reaktif
BIN menggelar pemeriksaan COVID-19 menggunakan alat tes diagnostik cepat di Bandung. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid test di Gedung Promosi Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kota Bandung, Jawa Barat Kamis (25/6/2020). Hasilnya dari 92 orang, 1 orang di antaranya reaktif virus corona (Covid-19).

"Sampai saat ini, dari 92 orang (yang diperiksa) ada satu orang yang reaktif, dari yang reaktif itu kita akan lakukan swab test (pemeriksaan spesimen usap hidung dan tenggorokan)," kata Staf Khusus BIN Mayjen TNI Suyanto di Bandung, Kamis (25/6/2020).

Apabila selama pemeriksaan ada warga yang terindikasi tertular virus corona, dia mengatakan, Dinas Kesehatan akan menindaklanjuti dengan menerapkan prosedur karantina dan pemeriksaan lanjutan pada warga yang bersangkutan.

Dia juga menyampaikan, sasaran pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat rapid test sekitar 1.000 orang per hari. Guna mendukung kegiatan pemeriksaan, dua mobil laboratorium Biosafety Level 2 (BSL2) dikerahkan.

BIN menggelar kegiatan pemeriksaan Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia. Di Kota bandung, kegiatan pemeriksaan bakal dilakukan selama tiga hari hingga 27 Juni 2020.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan grafik penularan Covid-19 sudah melandai di Kota Bandung. "Sekarang (pasien di) tempat-tempat isolasi sudah mulai pada pulang, sudah sehat Alhamdulillah," kata Oded.

Oded berharap kasus Covid-19 di Kota Bandung terus menurun. "Walaupun di satu sisi kita punya kewajiban rapid test masif, swab test masif, tapi di sisi lain kita harapkan hasil kurvanya tidak melonjak," kata dia


Editor : Faieq Hidayat