BIJB Majalengka Masih Sepi Penerbangan Internasional Sejak Tujuh Bulan

Inin nastain · Kamis, 24 Desember 2020 - 18:15:00 WIB
BIJB Majalengka Masih Sepi Penerbangan Internasional Sejak Tujuh Bulan
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, sepi dari aktivitas penerbangan, sejak April 2020 lalu. Foto : iNews.id/Inin Nastain

MAJALENGKA, iNews.id - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka sepi dari aktivitas penerbangan, sejak April 2020 lalu. Sejatinya, mulai bulan lalu sudah ada jadwal penerbangan internasional untuk ibadah umrah.

Namun, rencana itu kembali gagal setelah kebijakan larangan umrah diberlakukan. Alhasil sudah sekitar tujuh bulan, tidak ada wira-wiri pesawat di Bandara tersebut.

“Penerbangan komersil terakhir April 2020. Adapun rute dalam penerbangan terakhir itu Bali, Surabaya dan Balikpapan. Bulan kemarin juga sudah ada yang mau berangkat umrah, pakai Garuda. Tapi ternyata tutup lagi,” kata VP of Corporate Secretary & Public Communication BIJB Handika Suryo, Kamis (24/12/2020).

Handika menyebutkan, tidak adanya penerbangan di Bandara itu, bukan dipicu karena permasalahan di BIJB. Ditegaskannya, secara sarana dan prasarana, BIJB sudah 100 persen siap untuk menjadi tempat penerbangan, baik domestik maupun internasional.

“Kalau di internal BIJB, kami sudah selesai. Dalam artian, sudah benar-benar siap. Run way di sini 3.000 meter, sudah (dinyatakan) memenuhi syarat (oleh pihak terkait). Sebenarnya sudah tinggal terbang saja, semua pendukung sudah 100 persen siap,” ungkap dia.

“Bahkan, sempat temasuk bandara yang tidak dapat izin, sekarang sudah bisa lagi. Izin keluar baru-baru ini, 8 Desember. (izin) Itu dari Dirjen Imigrasi,” lanjut dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2