Biaya Haji Bengkak, Anggota Komisi VIII: Insya Allah Rangkaian Haji Sesuai Jadwal

Inin nastain · Rabu, 01 Juni 2022 - 11:32:00 WIB
Biaya Haji Bengkak, Anggota Komisi VIII: Insya Allah Rangkaian Haji Sesuai Jadwal
Anggota Komi VIII DPR KH Maman Imanulhaq. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Biaya haji mengalami pembengkakan cukup besar yakni Rp1,5 triliun. Padahal, proses pemberangkatan calon jemaah haji (calhaj) kloter pertama kurang dari satu pekan.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq mengatakan, melonjaknya biaya haji itu bukan karena salah perhitungan. Hal itu  lantaran kebijakan baru pemerintah Arab Saudi yang tiba-tiba menaikkan harga paket layanan di masyair, baik Arafah, Muzdalifah, maupun Mina.

Bagi Kang Maman, demikian dia biasa disapa, kondisi itu menjadi buah simalakama. Satu sisi, pembengkakan anggaran itu menjadi gunjingan publik. Di sisi lain, negara harus memastikan keberangkatan jemaah haji dilaksanakan sesuai dengan jadwal.

"Komitmen PKB tentunya tegas yakni pertama menyelamatkan keberangkatan haji, dan yang kedua adalah menyelamatkan dana jemaah haji," kata politisi PKB itu.

Untuk menyelesaikan permasalah itu, lanjut dia, Komisi VIII DPR menyetujui penambahan anggaran yang diambil dari dana efisiensi penyelenggaraan haji sebesar Rp740 miliar. Sisanya, jelas dia, diambil dari nilai manfaat dana haji.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: