Belum Semua Toko Modern di Cimahi Beri Tempat untuk Produk Lokal

Nilakusuma ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 22:00:00 WIB
Belum Semua Toko Modern di Cimahi Beri Tempat untuk Produk Lokal
Toko modern. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

CIMAHI, iNews.id - Belum semua toko modern di Kota Cimahi, Jawa Barat, mengakomodasi dan menjual produk-produk lokal digerai. Sampai saat ini, baru 30 persen dari total 123 toko modern di Kota Cimahi yang memberi tempat bagi produk lokal.

Fakta tersebut disayangkan karena banyak produk kreasi warga Cimahi yang secara kualitas tidak kalah dengan produk luar. 

"Di Cimahi ini total ada sebanyak 123 toko modern. Namun yang sudah mengakomodir produk lokal baru sekitar 30 persen," kata Kabid Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi Teja Dahliawati, Selasa (5/1/2021).

Dia mengemukakan, mengacu kepada Perda Kota Cimahi Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Maka toko modern di diharuskan menyediakan space untuk produk yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketersediaan space atau tempat untuk memasarkan produk lokal merupakan salah satu syarat Pemkot Cimahi untuk mengeluarkan rekomendasi izin usaha. Meski ada keharusan menyediakan space untuk produk UMKM, namun dalam Perda tersebut tidak dicantumkan sangsi bagi yang tidak mematuhinya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2