Begini Reaksi Bupati Garut soal Ormas Ubah Lambang Negara dan Buat Mata Uang

Ii Solihin ยท Rabu, 09 September 2020 - 10:24 WIB
Begini Reaksi Bupati Garut soal Ormas Ubah Lambang Negara dan Buat Mata Uang
Bupati Garut, Jawa Barat, Rudy Gunawan angkat bicara mengenai hebohnya permohonan izin dari organisasi Kandang Wesi Tunggul Rahayu. (Foto iNews/Ii Solihin).

GARUT, iNews.id - Bupati Garut, Jawa Barat, Rudy Gunawan angkat bicara mengenai hebohnya permohonan izin dari organisasi Kandang Wesi Tunggul Rahayu. Rudy meminta organisasi masyarakat tersebut diproses hukum karena mengubah lambang negara.

Rudy mengakui ormas itu sempat melakukan pendaftaran ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk mendapatkan legalitas. Namun setelah dilakukan pengkajian, ormas itu ditolak Pemkab Garut.

"Ormas memang mengajukan permohonan, tapi kami melakukan penyelidikan apa yang mereka maksud menggunakan lambang modifikasi," kata Rudy di Garut, Rabu (9/9/2020).

Dia mengaku akan melakukan koordinasi dengan kepolisian agar ormas itu diproses secara hukum. Sebab ormas itu sudah melecehkan lambang negara.

"Tentu akan melakukan penindakan tegas mereka yang melecahkan lambang negara itu," ucap dia.

Selain mengubah lambang negara, ormas itu membuat mata uang sendiri. Para anggota ormas itu, kata Rudy dijanjikan modal usaha dan pinjaman.


Editor : Faieq Hidayat