Bawa Pemudik dari Zona Merah Corona, Sopir Minibus di Tasikmalaya Diamankan Polisi

Asep Juhariyono ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 15:14 WIB
Bawa Pemudik dari Zona Merah Corona, Sopir Minibus di Tasikmalaya Diamankan Polisi
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto, Jumat (7/2/2020) (Foto:iNews/ Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Polres Taksimalaya Kota, mengamankan sopir minibus travel ilegal di posko check point, Batunungku, Kecamatan Mangkubumi, Jawa Barat, pada Jumat (1/5/2020) dini hari. Mereka membawa pemudik dari zona merah corona (Covid-19) seperti DKI Jakarta dan Bekasi.

"Kami berhasil mengamankan satu mobil, ini taksi gelap karena mengangkut penumpang bukan peruntukannya," kata Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anon Karibianto, Jumat (1/5/2020).

Anom mengatakan minibus travel ilegal itu sudah sering membawa penumpang dari Jakarta di tengah pendemi virus corona. Petugas pun curiga terhadap mobil tersebut yang kerap melintas pada waktu yang sama.

"Ini sudah 5 kali angkut penumpang. Maka kami amankan sopir dan mobil serta penumpang 4 orang," kata dia.

Anom menyebut sopir sengaja menyewakan mobil tersebut kepada pemudik. Dari keterangan sopir, setiap penumpang dikenakan biaya Rp400.000 untuk sampai rumah.

Sopir bisa menuju Tasikmalaya dari Jakarta menggunakan rute Tol Buahbatu, Kota Bandung. Kemudian sopir menyusuri jalan tikus di Cileunyi hingga Nagreg menuju Ciawi.

Sesampai Ciawi, sopir mengambil rute Cisinga menuju Batunungku. Dari situlah, sopir tertangkap di posko check point.

Hingga saat ini, sopir dan 4 penumpang menjalani rapid test di Polres Tasikmalaya. Atas perbuatan itu, sopir dijerat Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Editor : Faieq Hidayat