Banjir Terjadi akibat Marak Alih Fungsi Lahan di Cimahi, DPKP Akan Lakukan Ini

Adi Haryanto ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 21:35:00 WIB
Banjir Terjadi akibat Marak Alih Fungsi Lahan di Cimahi, DPKP Akan Lakukan Ini
Banjir kerap menggenangi jalan di Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, beberapa waktu lalu. Maraknya alih fungsi lahan membuat penanganan banjir di Kota Cimahi harus terintegrasi. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNews.id - Kawasan Jalan Amir Mahmud di Cilember tepatnya di bawah Flyover Cimindi, kerap dilanda banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Pemkot Cimahi sedang mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi M Nur Kuswandana mengatakan, penanganan banjir di kawasan tersebut harus terintegrasi dengan penanganan di wilayah hilir. Sebab terdapat penyempitan gorong-gorong yang harus diperlebar terlebih dahulu.

"Daerah flyover Cimindi bagian dari aliran Sungai Cilember.Di situ ada penyempitan gorong-gorong yang harus diperlebar dulu," kata Kepala DPKP, Jumat (30/7/2021).

Dia menyatakan, pelebaran Sungai Cilember mesti dimulai dari hilir. Sebab kalau dimulai dari hulu, akan berdampak lebih parah ke hilir jika belum dibenahi, yakni mencakup dari wilayah Kabupaten Bandung, Melong, Cigugur Tengah, baru kemudian ke Cilember. 

Tidak hanya itu, ujar dia, banjir juga kerap melanda kawasan Cihanjuang jika hujan lebat. Untuk penanganan banjir di kawasan tersebut harus dilakukan dengan memperbesar drainase karena terlalu sempit. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2