Banjir Rob Terjang Pesisir Cirebon, 150 Rumah di Mundu Terendam Air

Toiskandar · Jumat, 02 Desember 2022 - 09:44:00 WIB
Banjir Rob Terjang Pesisir Cirebon, 150 Rumah di Mundu Terendam Air
Banjir rob menerjang kawasan pesisir Kabupaten Cirebon, salah satunya Desa Mundu. (Foto: iNews.id/Toikandar) 

CIREBON, iNews.id - Banjir rob menerjang kawasan Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumat (2/12/2022). Akibat dari terjangan itu, aktivitas warga terganggu lantaran sebagian besar rumah di desa itu terendam air.

Ketinggian banjir di Desa Mundu cukup variatif antara 40 sentimeter hingga 1 meter yang merendam sebanyak 150 rumah.

Selain merendam ratusan rumah, banjir rob juga menendam seluruh akses jalan desa. Banjir rob yang secara tiba-tiba ini terjadi sekitar pukul 02.30  WIB  di saat warga sedang tertidur lelap.

Meski sudah mulai surut dan tidak menggenangi permukiman warga lagi. Banjir rob masih menutup akses jalan desa yang membuat aktivitas warga terganggu.

"Banjir datangnya tadi sekitar jam tigaan. Rumah pun terendam dan banjir rob sudah sering terjadi terutama di saat air laut sedang pasang," kata Yati, warga Mundu.

Di bagian lain, Kepala Desa Mundu Pesisir, Khaerun, mengatakan, banjir terjadi secara tiba-tiba akibat air laut pasang. Dari 300 rumah yang ada di wilayah itu, sekitar 150 rumah yang terendam. 

"Ya sekitar 150 rumah yang terendam," ujar Khaerun.

Sementara itu, selain di Kecamatan Mundu, banjir rob juga terjadi di semua pesisir laut Cirebon, seperti Kecamatan Gebang dan Kecamatan Losari. Sampai saat ini banjir mulai berangsur-angsur surut.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: