Banjir Rendam 400 Rumah di Dayeuhkolot Bandung, Aktivitas Warga Terganggu

Erick Fahrizal · Selasa, 29 November 2022 - 14:25:00 WIB
Banjir Rendam 400 Rumah di Dayeuhkolot Bandung, Aktivitas Warga Terganggu
Banjir merendam ratusan di Kampung Bojong Asih, Dayeukolot, Bandung. (Foto: iNews.id/Erick Fahrizal)

BANDUNG, iNews.id - Ratusan rumah di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 20-70 sentimeter, Selasa (29/11/2022). Banjir terjadi setelah Sungai Citarum meluap akibat diguyur hujan sejak Senin sore

Salah satu lokasi terendam banjir yakni di permukiman Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuhkolot. Di kampung ini sedikitnya ada 400 rumah warga yang terendam banjir dengan kedalaman 20 hingga 70 sentimeter.

Akibat permukiman terendam banjir, aktivitas warga sekitar pun menjadi terganggu. Warga terpaksa berjalan kaki menerobos genangan banjir karena jalan tidak bisa di lalui oleh kendaraan.

Banjir dari luapan Sungai Citarum ini sudah sering terjadi sejak puluhan tahun silam, terutama di saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Waga berharap, pemerintah setempat dapat membangun kantung air atau folder penampung air agar banjir tidak masuk ke permukiman warga.

"Kampung kami ini berada di dataran rendah seperti cekungan. Tak heran air selalu mengalir ke perkampungan terutama di saat musim hujan," kata Ketiua RW 04 Desa Dayeuhkolot, Mulyadi.

Menurutnya, banjir yang merendam Kampung Bojong Asih kali ini terjadi seusai wilayah Bandung raya diguyur hujan besar sejak Senin sore. Banjir tahunan ini masih akan terjadi mengingat intensitas curah hujan yang masih tinggi di kawasan tersebut.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: