Banjir di Bandung Rendam Kompleks Perumahan Bumi Panyileukan, Banyak Motor Mogok

Antara ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 20:08 WIB
Banjir di Bandung Rendam Kompleks Perumahan Bumi Panyileukan, Banyak Motor Mogok
Pengendara motor melintasi genangan air di depan Masjid Al-Hasan Raya, Komplek Bumi Panyileukan, Kota Bandung, Jabar, Kamis (13/2/2020). (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.idHujan deras yang melanda kawasan Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), sejak Kamis (13/2/2020) sore mengakibatkan banjir merendam Kompleks Perumahan Bumi Panyileukan, Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Cibiru. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Menurut warga setempat, banjir kali ini tergolong besar dan tak biasanya terjadi di Bandung. Banjir mulai terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, seiring hujan deras di wilayah itu.

“Baru kali ini besar. Biasanya banjir hanya terjadi di jalan utama kompleks, tapi ini mulai masuk juga ke kawasan permukiman,” kata warga RW 4, Anggun (42).

Banjir tersebut mengakibatkan kendaraan angkutan umum tidak bisa masuk ke kawasan terminal Panyileukan. Selain itu, banyak kendaraan roda dua yang tidak bisa melintasi banjir karena mogok. Para pengendara motor menuntun kendaraannya karena mesin tidak menyala.

Warga lainnya yang berdomisili di RW 7, Yani (47), menuturkan, banjir di kawasannya mencapai lutut. Namun, sejumlah rumah tidak terendam karena lantai rumah sudah ditinggikan.

“Di jalan utama itu tanahnya rendah, jadi banjir setinggi lutut. Kalau di sini tidak ada air yang masuk ke rumah karena sudah banyak yang ditinggikan,” kata Yani.

Sementata salah seorang warga RW 5 Opik (37), mengatakan, di daerah permukimannya banjir hingga masuk ke dalam rumah. Banjir sebesar ini jarang terjadi di sana.

“Kalau di sini banyak yang airnya masuk ke rumah. Biasanya jarang kalau sampai masuk. Rumah saya juga kebanjiran,” katanya.


Editor : Maria Christina