BNPB Sebut Ada 70 Rumah Rusak akibat Longsor di Bandung Barat

Okezone.com ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 13:30 WIB
BNPB Sebut Ada 70 Rumah Rusak akibat Longsor di Bandung Barat
Longsor di Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (11/2/2020) malam merusak 10 rumah warga. (foto: Antara)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, menyebut ada 70 rumah rumah yang rusak akibat longsor di Desa Hergamanah, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. 10 di antaranya mengalami rusak berat.

Longsor terjadi di dekat Tol Cipularang tepatnya KM 118. Penyebab longsor diduga akibat intensitas hujan yang tinggi.

"Longsor dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan tanggul jebol," kata Agus, Rabu (12/2/2020).

Tenda untuk pengungsi sudah didirikan bagi warga yang rumahnya terdampak longsor. Bantuan berupa makanan, pakaian, hingga selimut juga sudah didistribusikan.

"Tenda pengungsi didirikan oleh pemerintah daerah untuk mengakomodasi warga yang rumah mengalami kerusakan. Warga terdampak membutuhkan bantuan logistik makanan, selimut dan tikar," kata Agus.

Petugas dari Petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan segera ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Pengecekan yang dilakukam tim dari Bidang Pergerakan Tanah PVMBG itu untuk memetakan bencana longsor serta menentukan langkah antisipasi jika adanya longsor susulan.

"Jadi kita nanti bisa melihat gambaran secara utuh lokasi longsor seperti apa dimensinya. Kemudian mekanisme yang di situ seperti apa. Apakah nanti bisa berkembang lanjut ke tempat lain atau seperti apa nanti kita lihat dari atas udara seperti apa," kata Ketua Tim Penegecekan PVMBG Anjar.

Hasil pengecekannya kemudian akan diinformasikan pekan depan. Pada siang hari ini, Anjar mengatakan ada empat orang tim yang lakukan pengecekan di lokasi kejadian.

"Kita akan ngecek ke lokasi siang ini," katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq