Bandung Raya Diprediksi Diguyur Hujan Deras saat Weekend di Akhir November 2021

Agus Warsudi, Antara ยท Sabtu, 27 November 2021 - 15:14:00 WIB
Bandung Raya Diprediksi Diguyur Hujan Deras saat Weekend di Akhir November 2021
Hujan deras disertai angin kencang di Cilengkrang, Bandung. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Kawasan Bandung Raya, Kota/Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Cimahi, diramalkan diguyur hujan deras pada akhir pekan atau weekend di akhir November 2021 ini. Intensitas hujan pada akhir November 2021 itu dipengaruhi oleh Siklon Tropis Paddy.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung Teguh Rahayu mengatakan, cuaca Bandung Raya dipengaruhi Monsun Asia dan akan semakin menguat pada Januari 2022. 

Monsum Asia tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembentukan awan konvektif yang membawa butir air. "Aktivitas pertumbuhan dan pembentukan awan konvektif membuat hujan di Jawa Barat dan Bandung Raya meningkat," kata Kepala BMKG Bandung, Sabtu (27/11/2021).

Prediksi hujan deras mengguyur sepanjang hari pada akhir November ini, ujar Rahayu, juga dipengaruhi oleh Siklon Tropis Paddy yang sudah tidak aktif dan bersifat memecah awan. "Dengan tidak aktifnya Siklon Tropis Paddy, menyebabkan hujan akan kembali normal terjadi seperti semula," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: