Asal Usul Pantai Karang Nini, Kisah Kesetiaan Cinta

Rina Anggraeni ยท Kamis, 31 Maret 2022 - 16:11:00 WIB
 Asal Usul Pantai Karang Nini, Kisah Kesetiaan Cinta
Pantai Karang Nini (Foto: Tourism. Pangandaran Kabupaten).

JAKARTA, iNews.id- Asal usul Pantai Karang Nini merupakan cerita rakyat di Jawa Barat. Pantai ini menyimpan kisah romantis sepasang suami istri yang berusia senja dengan segala kesederhanaan hidupnya. Sang suami biasa dipanggil Aki dan sang istri biasa dipanggil Nini, namun mereka tidak memiliki anak. Meskipun tidak memiliki keturunan, namun pasangan kakek dan nenek ini hidup penuh kebahagiaan. 

Nenek selalu menyiapkan hidangan kesukaan kakek. Bahkan, makan sepiring berdua pun biasa dilakukan mereka. 

Sehari-harinya, kakek bekerja sebagai nelayan dan setiap hari berlayar ke laut. Hasil tangkapannya, dijual ke pasar dan sebagian lagi dijadikan lauk pauk. Sedangkan, nenek sibuk dengan pekerjaan ibu rumah tangga. 

Saat itu, kakek mengalami sakit dan membuat nenek meminta agar tidak melaut. Namun kakek tetap bekerja agar bisa membeli beras yang sudah habis. Sang kakek mengalami kelelahan saat melaut. Ditambah ia tidak mendapatkan ikan sama sekali. 

Meskipun begitu, kakek tidak menyerah dan terus melemparkan jalanya, sayangnya tidak ada ikan yang ditangkap. Hingga pagi tiba, nenek pun sudah menyiapkan sarapan untuk menunggu kakek. Terik matahari pun terlihat namun sang kakek belum pulang dan membuatnya menyusul. 

Nenek pun meminta bantuan nelayan lain untuk mencari suaminya. Kecemasan Nenek tidak bisa hilang hingga matahari terbenam. Tetangga yang dimintai tolong mencari, tak kunjung menemukan sang kakek karena cuaca yang tidak mendukung. 

Kemudian nenek  pergi ke pantai lalu memohon kepada Tuhan agar dipertemukan kembali dengan kakek. Tak disangka, tiba-tiba, dari balik laut muncul karang yang serupa dengan wujud kakek. 

Suara batu karang itu melaporkan bahwa sang kakek meninggal dan nenek pun sedih. Dia pun menerima takdirnya dan dia meminta untuk mengubahnya sebagai batu karang agar bisa menemani suaminya. Dalam tangisnya, nenek kemudian memohon lagi agar bisa terus bersama dengan kakek. 

Wujud nenek pun seketika berubah menjadi batuan karang tepat di hadapan karang yang serupa dengan wujud kakek.

Wujud karang serupa kakek dan nenek bisa ditemukan di Pantai Karang Nini, walau bentuknya kini sudah tidak seutuh sebelumnya. Masyarakat Ciamis biasa menyebut karang yang dianggap serupa dengan wujud kakek dengan sebutan “Bale Kambang”. Karang tersebut terlihat seperti mengambang dan akan bergoyang jika dinaiki. 

Di depan Bale Kambang terdapat karang yang dianggap sebagai perwujudan nenek. Karang inilah yang menjadi toponimi pantai yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa itu. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: