Arkeolog ITB dan UI Teliti Fosil Tulang di Saguling, Warga Harus Jaga Kawasan

Adi Haryanto · Senin, 11 Oktober 2021 - 19:09:00 WIB
Arkeolog ITB dan UI Teliti Fosil Tulang di Saguling, Warga Harus Jaga Kawasan
Arkeolog ITB dan UI meneliti fosil tulang belulang hewan purba yang ditemukan di Kampung Suramanggala RT 1/1, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Minggu (10/10/2021). (Foto/Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pakar ilmu kepurbakalaan atau arkeolog dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) meneliti fosil tulang belulang di tepi Waduk Saguling, Kecamatan Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lokasi sekitar Waduk Saguling yang disebut Sirtwo Island itu harus dijaga.

"Masyarakat sekitar harus menjaga kawasan itu karena sedang dilakukan penelitian terkait penemuan (fosil) tulang belulang. Bisa jadi benda itu adalah fosil yang memiliki nilai sejarah kehidupan purbakala," kata Camat Cipongkor Yayat Ruhiyat, Senin (11/10/2021).

Diketahui, saat ini, para arkeologi ITB dan UI tengah meneliti fosil tulang belulang di Kampung Suramanggala RT 01/01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Minggu (10/10/2021).  

Yayat mengaku bangga karena Kecamatan Cipongkor menyimpan kekayaan alam termasuk potensi sejarah purbakala yang harus terus digali. Bersama aparat kewilayahan, Pemerintah Kecamatan Cipongkol bakal menjaga kawasan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Kami akan menyiagakan perangkat desa dan aparat lain untuk menjaga kawasan ini (Sirtwo Island) agar selama dilakukan observasi maupun penelitian tidak ada benda yang rusak dan hilang," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: