APBD KBB Terkuras Rp144 Miliar untuk Bayar Gaji TKK, P4KBB: Pemborosan

Adi Haryanto ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 14:33:00 WIB
APBD KBB Terkuras Rp144 Miliar untuk Bayar Gaji TKK, P4KBB: Pemborosan
Ilustrasi gaji. (Foto: iNews.id)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkuras Rp144 miliar hanya untuk membayar gaji tenaga kerja kontrak (TKK). Fakta ini membuat Paguyuban Pejuang Peduli Pembangunan Kabupaten Bandung Barat (P4KBB) prihatin dan menilainya sebagai pemborosan.

"Di KBB jumlah TKK-nya sangat banyak. Informasinya, dalam setahun Pemda KBB harus mengeluarkan Rp144 miliar untuk gaji TKK," kata Ketua P4KBB Yakub Anwar Lewi, Kamis (20/1/2022).

Yakub Anwar Lewi menilai, anggaran itu sangat besar. Jika dikurangi, sisa anggaran bisa dipakai untuk keperluan lain. Seperti perbaikan dan pembangunan infrastruktur masih rusak, jalan, sekolah, fasilitas kesehatan, dan lain-lain. 

Berdasarkan data yang diterimanya TKK di Pemda KBB jumlahnya mencapai 3.655. Padahal berdasarkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) sestimasinya hanya butuh 1.500 TKK. Membengkaknya jumlah TKK tidak bisa dilepaskan dari banyaknya titipan dari tim sukses kepala daerah.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: