Angka Kematian Tinggi, Warga Majalengka Dilatih Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Mohamad Zeni Johadi · Kamis, 29 Juli 2021 - 16:31:00 WIB
Angka Kematian Tinggi, Warga Majalengka Dilatih Pemulasaraan Jenazah Covid-19
Warga Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka mengikuti pelatihan pemulasaraan jenazah Covid-19. (Foto: iNews/M Zeni Johadi)

BANDUNG, iNews.id - Satuan tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Majalengka, Jawa Barat melatih warga dalam penanganan atau pemulasaraan jenazah Covid-19. Pelatihan ini digelar agar warga bisa melakukan pemulasaraan jenazah seiring meningkatnya angka kematian akibat Covid-19.

Sebanyak 28 warga dari delapan desa di Kecamatan Kadipaten mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Kadipaten pada Kamis (29/7/2021). Para peserta pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 merupakan kepala urusan kesejahteraan rakyat (kesra) di desa masing-masing. 

Pemulasaran jenazah Covid-19, memiliki perbedaan dari panangananan terhadap jenazah pada umumnya. Ketika menangani jenazah Covid-29, harus sesuai aturan dan protokol kesehatan (prokes) ketat. 

Petugas pemulasaraan harus memakai alat pelindung diri (APBD) lengkap. Mereka memandikan boneka yang diibaratkan sebagai jenazah pasien Covid-19.

Jenazah disiram menggunakan air kamper. Setelah dimandikan, jenazah dibungkus menggunakan kain kafan. Selanjutnya, jenazah dibungkus plastik dan dimasukkan ke dalam peti yang juga dibungkus plastik.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2