Angin Kencang Disertai Hujan Es Landa Sukabumi, 60 Rumah Rusak

Antara ยท Kamis, 24 September 2020 - 09:24 WIB
Angin Kencang Disertai Hujan Es Landa Sukabumi, 60 Rumah Rusak
Sukarelawan SIBAT PMI Kota Sukabumi saat membersihkan batang pohon yang tumbang. (Foto Antara).

SUKABUMI, iNews.id - Angin kencang disertai hujan es terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (23/9/2020). Akibatnya sebanyak 60 rumah warga rusak.

"Data sementara dari hasil observasi dan pemantauan terhadap peristiwa cuaca ekstrem lebih dari 60 unit rumah rusak diterjang angin kencang," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami di Sukabumi, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, bencana angin kencang ini terjadi di empat kecamatan yakni Cikole, Cibeureum, Gunungpuyuh dan Warudoyong. Namun, untuk kerusakan rumah paling banyak terjadi di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

Dari hasil pendataan ada 60 rumah yang rusak akibat angin kencang yang tersebar di 10 rukun warga (RW). Mayoritas rumah warga yang rusak akibat bencana ini pada bagian atapnya, tapi tidak ada yang rusak berat apalagi ambruk.

Selain merusak rumah, angin kencang yang disertai hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang di Cibeureum Hilir, RT 02/04, lingkungan kantor BPKD di Kecamatan Cikole.

Kemudian di Jalan R Syamsudin SH, sekitar Kampus UMMI, Jalan Rumah Sakit depan RSUD R Syamsudin SH, Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole. Selanjutnya di Kelurahan Benteng, RT 07/04, Kecamatan Warudoyong, Jl Bhayangkara, Kecamatan Cikole.


Editor : Faieq Hidayat