Anggota Koperasi di Sukabumi Akan Lapor Ke Jokowi agar Uang Miliaran Kembali

Dharmawan Hadi · Senin, 04 Juli 2022 - 16:33:00 WIB
Anggota Koperasi di Sukabumi Akan Lapor Ke Jokowi agar Uang Miliaran Kembali
Suwardi (baju biru) bersama anggota lain yang sudah melakukan upaya untuk menarik dananya kembali dari koperasi. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Anggota salah satu koperasi simpan pinjam di Kota Sukabumi terus berupaya menarik kembali uang yang sudah disetorkan. Namun semua upaya itu belum membuahkan hasil. 

Upaya tersebut mulai dari menggunakan pengacara, unjuk rasa ke kantor pusat di Kota Bogor, melapor ke polisi, mendatangi Kementerian Koperasi. Bahkan mereka berencana akan mengadukan personal ini langsung ke presiden. 

Salah seorang anggota koperasi Kota Sukabumi, Suwardi (65) mengakui awalnya tertarik dengan penawaran program yang diberikan koperasi tersebut karena nilai bagi hasil sisa usaha cukup tinggi dibanding bank konvensional. Koperasi menjanjikan pembagian hingga 13 persen per tahun.

"Sejak 2007 bergabung dengan koperasi. Awalnya diajak sama teman, karena bunga yang ditawarkan cukup tinggi waktu itu 13 persen. Kantornya juga masih di Jalan Otista, yang orang nyimpen Rp10 juta aja pasti deg-degan kalo lihat kantornya pada waktu itu," ujar Suwardi kepada MNC Portal Indonesia, Senin (4/7/2022). 

Suwandi menambahkan bahwa jumlah simpanan pribadi yang disetorkan kepada koperasi sekitar Rp800 juta, kalau dengan anggota yang direkrutnya Rp7,7 miliar. Jumlah anggota yang ikut dengan dirinya berjumlah 40 orang yang bervariasi menyimpan uangnya di koperasi mulai Rp10 juta hingga Rp2 miliar per orang. 

"Kita sudah bayar lawyer untuk mengurus permasalahan ini dengan biaya 1 persen dari total tagihan. Di luar itu ada uang untuk transportasi ke Polda Jabar, karena domisili kita di wilayah Jawa Barat, jadi harus melaporkannya ke Polda, kalo di Jakarta bisa ke Bareskrim," ujar Suwardi. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: