Aksi Protes Warga Lemahwungkuk Cirebon terkait Bongkar Muat Batubara Berujung Ricuh

Miftahudin ยท Senin, 27 Juni 2022 - 18:46:00 WIB
Aksi Protes Warga Lemahwungkuk Cirebon terkait Bongkar Muat Batubara Berujung Ricuh
Polisi membubarkan paksa aksi warga Lemangwungkuk yang mengadang truk batubara di jalur pantura. (FOTO: iNews/MIFTAHUDIN)

CIREBON, iNews.id - Ratusan warga menggelar aksi unjuk rasa, memprotes aktivitas bongkar muat batubara di jalur masuk Pelabuhan Muara Jati Kota Cirebon, Senin (27/6/2022). Aksi itu berujung ricuh lantaran dibubarkan paksa oleh petugas kepolisian.

Dalam aksinya, ratusan warga Kelurahan/Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon itu mengadang truk-truk batubara yang hendak melakukan bongkar muat di pelabuhan itu. Truk-truk yang diadang dipaksa putar balik. Massa menilai, pelabuhan dan perusahaan batubara tidak pernah serius menanggapi polusi udara dan lingkungan yang dikeluhkan masyarakat.

Khawatir terjadi hal tak diinginkan, petugas pun turun tangan menertibkan dan membubarkan aksi unjuk rasa tersebut. Warga yang sebelumnya melakukan unjuk rasa di pintu masuk Pelabuhan Muara Jati nekat mengadang dan meminta jalan pantai utara (pantura) Lemahwungkuk untuk tidak dilalui truk batubara. Petugas yang berusaha meredam aksi penghadangan mendapat perlawanan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: