Akses ke Wanayasa Purwakarta Ditutup, Semua Kegiatan Tahun Baru Ditiadakan

Asep Supiandi ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 19:45:00 WIB
Akses ke Wanayasa Purwakarta Ditutup, Semua Kegiatan Tahun Baru Ditiadakan
Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana (kanan) saat mendampingi Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri di Cikopo, beberapa waktu lalu. Dia menegaskan tidak ada kegiatan apapun saat malam tahun baru. Foto : iNews.id/Asep Supiandi

PURWAKARTA, iNews.id – Akses wisata menuju Wanayasa, Purwakarta, akan ditutup di malam Tahun Baru 2021. Penutupan dilakukan karena dikhawatirkan banyak warga Purwakarta menggunakan jalur itu untuk merayakan malam pergantian tahun yang berpotensi kerumunan di masa pandemi-Covid-19.

Selama ini, jalur Purwakarta-Wanayasa terbilang favorit. Wisatawan sering menggunakan akses itu menuju sejumlah destinasi wisata. Tujuan mereka tidak hanya berwisata ke Wanayasa, tapi juga bisa langsung menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Karena jarak tempuh antara Wanayasa-Lembang sekitar 30 menit.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana, mengatakan, kegiatan perayaan tahun baru saat ini berbeda dengan waktu sebelumnya. Hal ini karena berkaitan masa pandemi Covid-19 yang menuntut pembatasan-pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Begitu pula di wilayah Wanayasa, tidak hanya akses tapi juga tidak ada kegiatan-kegiatan perayaan tahun baru.

“Acara apapun dan di tempat manapun, apabila berpotensi melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 pasti akan mendapat sanksi, baik teguran, pembubaran dan sanksi hukum,”kata Kapolres, Rabu (30/12/2020).

Pihaknya kembali  memastikan, tidak ada kegiatan  perayaan tahun baru. Pernyataan Muspika Wanayasa didukung para kepala desa sudah dilaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purwakarta bahwa di Wanayasa akan ditutup, terutama di Situ Wanayasa dan Alun-alun Wanayasa.

“Akses lalu lintas akan dialihkan ke jalur - jalur alternatif,” ujar dia.

Ihwal adanya informasi aksi kebut-kebutan di sekitar Jalan Ibrahim Singadilaga dan Jalan Baru, Kapolres segera menindaklanjuti dengan penegakan hukum.

Sebelumnya, sejumlah warga sempat resah dengan maraknya aksi kebut-kebutan di ruas jalan itu. Mereka mengeluhkan suara bising knalpot  yang sering terdengar setelah lewat tengah malam.

Editor : Asep Supiandi