Akses ke Bandara Kertajati Dipasang Penyangga, Lalu Lintas Km 158 Tol Cipali Dialihkan 

Asep Supiandi · Rabu, 17 Maret 2021 - 16:24:00 WIB
Akses ke Bandara Kertajati Dipasang Penyangga, Lalu Lintas Km 158 Tol Cipali Dialihkan 
Pembangunan akses ke BIJB Kertajati di Km 158 Tol Cipali terus dikebut. Untuk sementara arus lalu lintas di sekitar proyek dialihkan ke jalur sementara. (Foto: ASTRA Tol Cipali) 

MAJALENGKA, iNews.id - Arus lalu lintas di Km 158 Tol Cipali, Kabupaten Majalengka, dialihkan melalui jalur sementara untuk beberapa hari ke depan. Pengalihan ini menyusul pemasangan balok penyangga atau girder jembatan sebagai akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, mengatakan, pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati tengah dilakukan dengan pemasangan girder jembatan di Km 158. Sehingga perlu rekayasa lalu lintas dengan membuat jalur sementara (detour) untuk pengalihan arus lalu lintas yang dilaksanakan hingga 20 Maret 2021.

“Pekerjaan pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati sudah melakukan pemasangan girder jembatan. Dengan dipasangnya girder jembatan di 
Km 158 ini, maka progress pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati saat ini sudah memasuki 60 persen. Tentunya hal ini merupakan salah satu peningkatan layanan konstruksi yang kami lakukan kepada pengguna jalan,” kata Agung, Rabu (17/3/2021).

Menurut dia, demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Cipali memasang perambuan peringatan dini di sekitar lokasi pekerjaan sepanjang 400 meter. 

Informasi kepada pengguna jalan terkait pemasangan girder di Km 158 Kertajati juga dilakukan melalui media luar ruang yang terdiri dari pemasangan spanduk pekerjaan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) arah Jakarta dan Palimanan. Selain informasi melalui VMS (Variable Message Sign), pemasangan dan pembagian flyer informasi pekerjaan di setiap Gerbang Tol sebelum Kertajati sampai dengan Cikampek. 

Dia pun mengimbau, pengguna jalan untuk tetap berhati-hati saat melintas di ruas tol Cipali terutama saat sedang dilakukan pekerjaan. Pastikan batas kecepatan tidak melebihi batas maksimal kendaraan 100 Km/jam dan kurangi kecepatan saat kondisi hujan serta jaga jarak aman.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: