Akhir Januari Puncak Musim Hujan, Warga KBB Diminta Waspada Bencana

Adi Haryanto ยท Senin, 24 Januari 2022 - 19:09:00 WIB
Akhir Januari Puncak Musim Hujan, Warga KBB Diminta Waspada Bencana
Warga Lembang, KBB, mulai membersihkan material tanah longsor yang merusak rumah mereka setelah hujan deras yang turun sepanjang Selasa (2/11/2021) siang hingga malam. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id – Warga Kabupaten Bandung Barat (KKB) diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi jelang puncak musim. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, puncak musim hujan pada periode kali ini akan terjadi pada akhir Januari 2022.

"Terus kami ingatkan agar masyarakat waspada terhadap bencana yang mengintai, di saat memasuki puncak musim hujan di Januari ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bandung Barat (KBB), Duddy Prabowo, Senin (24/1/2022).

Menurut Duddy, puncak musim hujan bakal terjadi cuaca ekstrem dan ada potensi longsor di hampir setiap kecamatan yang ada di wilayah KBB. Sebab intensitas hujan diprediksi akan mengalami peningkatan dibandingkan pada akhir tahun lalu. 

Bencana longsor tersebut berpotensi terjadi di daerah yang memiliki kemiringan lereng cukup terjal. Seperti di wilayah yang tingkat kemiringannya lebih dari 30 derajat. Belum lagi ancaman banjir bandang yang bisa datang secara tiba-tiba. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: