5 Kota Terpadat di Jawa Barat, Bandung di Urutan Pertama

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:53:00 WIB
5 Kota Terpadat di Jawa Barat, Bandung di Urutan Pertama
Landskap Kota Bandung. Kota di tengah cekungan Bandung ini terpadat pertama di Jawa Barat. (FOTO: DOKUMENTASI)

JAKARTA, iNews.id - Kota Terpadat di Jawa Barat cukup menarik untuk dibahas. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar pada 2020, total penduduk Provinsi Jawa Barat kurang lebih 49 juta jiwa yang tersebar di 27 kabupaten dan kota.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis data pada 2021, terdapat lima kota terpadat di Jawa Barat  berdasarkan pengukuran tingkat kepadatan penduduk dalam jiwa per kilometer persegi. 

Berikut lima Kota terpadat  di Jawa Barat: 

1. Kota Bandung

Kondisi lalu lintas di perempatan Pasteur, Kota Bandung, Jabar, dilihat dari kamera CCTV. (Foto: SINDONews/Arif Budianto)
Suasana arus lalu lintas di perempatan Pasteur, Kota Bandung. Kota berjuluk Parijs van Java ini terpadat pertama di Jabar. (Foto: Arif Budianto)

Kota Bandung memiliki luas wilayah sekitar 167,3 km persegi. Kota Bandung memiliki jumlah penduduk sekitar 3.831.505 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2020. Dengan luas 167,3 km persegi, tindak kepadatan penduduk Kota Bandung sekitar 15.174 jiwa per km persegi. Berdasarkan data tersebut, menjadikan kota berjuluk Parijs van Java ini terpadat pertama di Jawa Barat.   

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: