48 Korban Luka Berat Kecelakaan Bus di Ciater Subang Dirujuk di 4 RS di Depok

Iyung Rizky ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 18:01 WIB
48 Korban Luka Berat Kecelakaan Bus di Ciater Subang Dirujuk di 4 RS di Depok
Puluhan ambulans membawa 48 korban luka kecelakaan bus maut di turunan Nagrog, Ciater Subang ke RSUI Depok, Jabar. (Foto: iNews/Iyung Rizki)

DEPOK, iNews.id – Sebanyak 48 korban korban luka berat kecelakaan bus di turunan Nagrog, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat sudah dibawa pulang ke Depok, Jawa Barat, Minggu (19/1/2020). Mereka kemudian dirujuk ke sejumlah rumah sakit. Dari 48 korban luka, 32 di antaranya dirawat intensif di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, dokter Novarita mengatakan, total korban dirawat ada 48 orang. Rinciannya, 13 orang dirawat di RSUD Depok, 33 korban di RSUI, satu orang di RS Mitra Siaga dan seorang korban lainnya di RS Sentra Medika. “Seluruh korban sudah dirujuk di empat rumah sakit di Depok. Adapun untuk semua biaya administrasi ditanggung sepenuhnya oleh pihak Jasa Marga,” katanya.

Direktur RSUI Depok, dokter Julianto mengatakan, ada 32 korban luka-luka yang dirujuk ke RSUI. Mereka rata-rata mengalmi luka berat, tig di antaranya harus dioperasi. “Dari 33 korban terdata ada enam yang luka berat, tiga orang harus menjalani operasi dan 23 menjalani perawatan dan observasi. Sedangkan satu korban lainnya sudah diperbolehkan pulang,” katanya.

BACA JUGA: 32 Ambulans Angkut Korban Kecelakaan Bus di Ciater Subang Pulang ke Depok 

Sebelumnya, sebanyak 32 mobil ambulans digunakan untuk membawa pulang seluruh korban kecelakaan bus di turunan Nagrog, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemulangan korban telah berlangsung mulai pagi ini, Minggu (19/1/2020).

Dirut RSUD Subang, Agus Sofyan mengatakan, semua korban kecelakaan bus di Ciater, telah dibawa pulang oleh pihak keluarga. Sebanyak 15 ambulans didatangkan langsung oleh Pemkot Depok, sementara 17 ambulans berasal dari Subang. “Jadi kini sudah tidak ada lagi korban kecelakaan di turunan Nagrog yang dirawat di RSUD Subang,” katanya.

BACA JUGA: Wali Kota Depok Mohammad Idris Pimpin Salat Jenazah 8 Korban Tewas Kecelakaan Bus di Ciater

Pantauan iNews.id, 32 mobil ambulans itu berangkat beriringan menuju Depok, Jawa Barat. Beberapa orang yang merupakan keluarga korban tewas maupun korban luka-luka, ikut dalam rombongan ambulans itu.

Diketahui, delapan orang tewas akibat bus pariwisata yang berisi kader posyandu dan ibu pkk se-Pondok Terong, Depok, Jabar mengalami kecelakaan di turunan Nagrog, Ciater, Subang, Sabtu (18/1/2020). Seluruh korban tewas kini sudah dimakamkan di dekat kediamannya masing masing.


Editor : Kastolani Marzuki