43 SMP Negeri di KBB Kekurangan Murid, Bersaing dengan Swasta, MTs, dan Popes Berebut Peserta Didik

Adi Haryanto · Kamis, 07 Juli 2022 - 15:28:00 WIB
43 SMP Negeri di KBB Kekurangan Murid, Bersaing dengan Swasta, MTs, dan Popes Berebut Peserta Didik
Sebanyak 43 SMPN di selatan KBB kekurangan siswa. Puluhan sekolah itu bersaing dengan sekolah swasta, MTS, dan pondok pesantren dalam memperebutkan peserta didik. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 43 SMP negeri di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih kekurangan siswa seusai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 diumumkan. Puluhan SMPN yang sebagian besar berada di wilayah selatan KBB itu harus bersaing dengan swasta dan pondok pesantren (ponpes) untuk mendapatkan tambahan siswa.

Mengacu kepada data di laman resmi PPDB Kabupaten Bandung Barat https://ppdb-disdik.bandungbaratkab.go.id/, sampai Senin (4/7/2022) masih terdapat sekitar 3.287 kursi di SMP negeri dari jalur zonasi yang tidak terisi. 

Saat ini di KBB terdapat 67 SMPN dan 120 SMP swasta. Kapasitas SMPN mampu menampung sekitar 9.500 peserta didik. "Sebagian besar sekolah negeri yang masih kekurangan peserta didik itu berada di wilayah selatan KBB," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) KBB Rustiyana, Kamis (7/7/2022).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: