3 Kasus Gigitan Berbisa Ular Weling Resahkan Warga, Kakek hingga Balita Tewas

Toiskandar, Asep Juhariyono, Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 14:49 WIB
3 Kasus Gigitan Berbisa Ular Weling Resahkan Warga, Kakek hingga Balita Tewas
Ilustrasi (dok. iNews)

JAKARTA, iNews.id - Adila Octavia (4) meninggal usai empat hari kritis akibat digigit ular weling di rumahnya, Desa Pamengkang, Kabupaten Cirebon. Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon yang merawat Adila sempat kesulitan karena tidak ada serum yang tersedia untuk menangani gigitan ular weling itu.

Dokter spesialis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tri Maharani juga sudah dipanggil untuk membantu. Namun, kehadiran dokter spesialis tidak banyak membantu kondisi Adila.

Adila digigit di rumahnya saat sedang tertidur bersama ibunya, Rusmiati, Minggu (9/2/2020). Rusmiati saat itu bingung melihat putrinya kesakitan.

Saat diperiksa, ada luka gigitan di kaki anaknya yang diduga berasal dari ular weling yang ada di sekitar rumah. Rusmiati sempat melarikan ke puskesmas terdekat, tapi tidak bisa tertangani karena keterbatasan fasilitas.

Di tengah banjir yang melanda Cirebon, Rusmiati melarikan anaknya ke Rumah Sakit Gunung Jati. Setalah menjalani perawatan intensif, nyawa putri semata wayangya tidak tertolong.

Balita dirawat intesif usai digigit ular Weling, Rabu (12/2/2020) (Foto:iNews/Miftahudin)
Balita dirawat intesif usai digigit ular Weling, Rabu (12/2/2020) (Foto:iNews/Miftahudin)

Kepala Desa Pamengkang Kosasih prihatin atas kejadian yang menimpa salah satu warganya. Dia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bisa bertindak cepat terkait penyediaan serum antibisa agar kasus tersebut tidak berulang.

"Saya mohon kepada pemerintah menindak lanjuti. Mohon bantuannya apabila ada kejadian ini, agar cepat berindak," katanya, Kamis (13/2/2020).

Selain Adila, ular weling juga menewaskan seorang satpam di Cluster Michelia Gading Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (21/8/2019). Satpam bernama Iskandar tersebut meninggal akibat digigit ular weling yang ada di sekitar kompleks.

Kejadian bermula ketika seorang warga perumahan menemukan seekor ular pada Selasa (20/8/2019) sore. Karena tidak memiliki perlengkapan, warga itu melapor ke pihak keamanan cluster.

”Security bernama Iskandar bersama rekannya, Jaelani, mendatangi ular dengan hanya berbekal batang sapu lidi,” Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Jumat (23/8/2019).


Editor : Muhammad Fida Ul Haq