2 Terowongan di KBB Berhasil Ditembus, Kereta Cepat Bakal Beroperasi Akhir 2022
"Sejalan dengan penyelesaian terowongan, PT KCIC juga melakukan penyelesaian pembangunan stasiun dan konstruksi lainnya. Seperti pada akhir Juli lalu, telah melakukan penutupan atap (topping off) di Stasiun Halim," ujarnya.
GM Corporate Secretary PT KCIC menuturkan, dalam proyek KCJB terdapat beberapa teknologi baru yang digunakan di dunia konstruksi Indonesia. Salah satunya adalah mesin peluncur gelagar (Girder Launcher) berjenis Through-Tunnel Box Girder Erecting Machine yang bisa digunakan di dalam membuat terowongan.
Girder atau gelagar jembatan merupakan balok yang akan mendukung semua beban yang bekerja pada jembatan, kemudian meneruskannya ke struktur bawah jembatan. Teknologi ini membuat pemasangan girder box di dalam terowongan pada trase KCJB jadi lebih cepat jika dibandingkan dengan memasang penyangga terlebih dahulu.
"Selama proyek KCJB, kami juga melakukan transfer pengetahuan dan teknologi dari tenaga ahli China kepada tenaga kerja lokal. Ini menjadi kesempatan baik bagi tenaga kerja Indonesia mempelajari hal-hal baru di bidang konstruksi," tutur Mirza. adi haryanto
Editor: Agus Warsudi