2 Preman Berduel gegara Rebutan Japrem di Garut Jadi Tersangka

fani ferdiansyah ยท Senin, 14 Maret 2022 - 17:13:00 WIB
2 Preman Berduel gegara Rebutan Japrem di Garut Jadi Tersangka
Ilustrasi perkelahian. (Foto: Istimewa)

GARUT, iNews.id - Dua preman yang duel gegara rebutan jatah iuran pedagang di Jalan Merdeka pada Minggu (13/3/2022) pagi, ditetapkan sebagai tersangka. Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, kedua preman bernama Hermawan dan Ridwan itu disangkakan melanggar Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan.

“Mereka ini sama-sama sebagai korban sekaligus pelaku. Keduanya sama-sama dijerat Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan,” kata Kepala Satreskrim Polres Garut, AKP Dede Sopandi, Senin (14/3/2022).

Khusus untuk pelaku bernama Hermawan, tambah Dede, aparat kepolisian menambahkan hukuman lain karena dia terbukti telah melanggar UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pasal 2. 

“Jadi, selain Pasal 351 KUHP, Hermawan juga dikenakan UU Darurat. Dengan membawa sebilah golok atau senjata tajam tanpa izin, Hermawan ini sudah melanggar UU Darurat Nomor 12 tahun 51 Pasal 2. Membawa golok ini berarti sudah berencana,” ucap Dede. 

Sementara untuk Ridwan, juga ditetapkan sebagai tersangka karena dia telah melakukan penganiayaan terhadap Hermawan hingga pergelangan tangan kirinya terputus. 

“Walaupun dia bela diri, tetap dia salah. Melanggar Pasal 351 KHUP juga,” ujarnya.

Hingga saat ini, kedua tersangka yang juga menjadi korban itu belum bisa dimintai keterangan karena masih menjalani perawatan intensif di RSUD dr Slamet Garut. Sebelum dirawat, keduanya sempat mendapatkan pertolongan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Slamet Garut, tak lama setelah duel terjadi.

“Dari laporan yang kami terima, mereka masuk ke IGD sekitar pukul 06.50 WIB. Langsung diambil tindakan medis, seperti penanganan terhadap luka robek dan mengobati lengan yang putus,” tutur seorang petugas ruang rawat inap RSUD dr Slamet Garut yang enggan menyebutkan namanya.

Petugas ini pun mengungkap identitas lengkap hingga kondisi salah seorang tersangka yang bernama Hermawan. “Bernama lengkap Hermawan Mujahidin, usia 38 tahun, beralamat di Kampung Haurpanggung RT04 RW 04, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul,” ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: