188 SMP Swasta dan Negeri di KBB Belum Sempat Simulasi PTM

Adi Haryanto ยท Senin, 14 Juni 2021 - 15:25:00 WIB
188 SMP Swasta dan Negeri di KBB Belum Sempat Simulasi PTM
Sebanyak 188 SMP di KBB hingga saat ini belum ada satupun yang simulasi PTM akibat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 188 SMP di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum satu pun yang melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal tersebut terjadi dikarenakan kondisi yang belum memungkinkan akibat Covid-19.

Selain itu, simulasi PTM belum adanya kesepakatan dari tim Satgas dan unsur pendidikan baik dari Disdik dan orang tua siswa. 

"Awalnya kita agendakan dari dua minggu lalu tapi belum terealisasi. Rencananya pekan depan kita ajukan lagi untuk pelaksanaan simulasi PTM," kata Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan, KBB, Asep Nirwan kepada wartawan, Senin (14/6/2021).

Dia menjelaskan, ada tiga unsur yang semuanya harus sepakat ketika akan menjalankan simulasi PTM. Yakni pemda melalui gugus tugas, disdik mencakup sekolah, guru, siswa, dan sarana prasarana, serta masyarakat terdiri dari orang tua siswa dan pihak komite. 

Ketika ada salah satu unsur dari tiga elemen tersebut tidak siap atau menyatakan keberatan, maka PTM tidak bisa dilaksanakan. Namun sejauh ini, lanjut dia, sebanyak 188 SMP baik swasta dan negeri di KBB, dari aspek sarana dan prasarana (sapras) pendukung pencegahan Covid-19 sudah siap.

"Kalau sapras pendukung seperti untuk cuci tangan sudah siap. Hanya kalau untuk syarat satu kelas satu toilet itu agak berat, termasuk mekanisme pemberian masker ke siswa yang tidak boleh dilakukan di sekolah," ujarnya. 

Jika simulasi jadi dilakukan  rencananya akan dilakukan di satu SMP pada setiap kecamatan. Kapasitas kelas juga tidak akan lebih dari 20 siswa dan sehari hanya dua jam agar tidak terjadi kerumunan antara siswa yang datang dan pulang. 

"Kita siapkan skema simulasi yang sesuai prokes agar aman dan tidak muncul kasus," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi