10 Senjata Tradisional Jawa Barat, Nomor 1 Dipercaya Miliki Kekuatan Gaib sebagai Jimat

Reza Rizki Saputra ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 15:10:00 WIB
10 Senjata Tradisional Jawa Barat, Nomor 1 Dipercaya Miliki Kekuatan Gaib sebagai Jimat
Kujang, senjata tradisional Jawa Barat. (Foto: Kemendikbud.go.id)

JAKARTA, iNews.id - Senjata tradisional Jawa Barat, termasuk salah satu warisan budaya di Indonesia. Senjata Sunda ini memiliki fungsi bermacam-macam. 

Selain itu, bentuknya juga beragam dan unik. Setiap bentuknya sesuai dengan fungsinya, sebagai senjata mematikan maupun untuk bertani.

Berikut uraian tentang senjata tradisional Jawa Barat : 

1. Kujang

Sampai sekarang masih eksis. Pada zamannya, Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi, Kerajaan Sunda Hindu mengalami krisis karena kedatangan pengaruh agama Islam yang dibawa oleh pedagang dari Arab.

Prabu Siliwangi kemudian menulis naskah kuno sebagai pedoman dari masyarakat Sunda bernama Sanghyang Siksa Kandang Karesian pada 1518 Masehi. Sanghyang Siksa Kandang Karesian berisi tentang bermacam norma, moral, budaya, adat hingga senjata tradisional Jawa Barat berupa Kujang. 

Senjata tradisional ini bentuknya sering dijadikan motif batik hingga lambang yang mencerminkan suku Sunda.

Mengutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata kujang berasal dari bahasa sunda kuno, yaitu kudi yang berarti senjata dengan kekuatan gaib atau jimat dan hyang yang berarti dewa. 

Senjata sakral ini menjadi simbol status, penghormatan hingga jimat para petinggi serta kaum bangsawan kerajaan Pajajaran. Saat itu, kujang digunakan oleh petinggi kerajaan maupun rakyat biasa. 

Bedanya, kujang petinggi kerajaan terbuat dari bahan yang lebih mahal dengan desain mewah. Dilansir dari Indonesia Kaya, senjata kujang memiliki empat bagian utama.

Keempat bagian itu,papatuk atau congo merupakan bagian ujung berbentuk lancip dan tajam, tadah atau bagian menonjol pada perut kujang, silih atau tubuh senjata berbentuk melengkung layaknya sayap burung yang merentang, dan mata yaitu lubang pada senjata kujang. 

Selain itu, kujang juga memiliki beberapa variasi, yakni kujang Ciung, kujang Jago, kujang Badak, kujang Kuntul, Kujang Bakong, dan masih banyak lagi.

2. Bedog atau golok

Merupakan senjata tradisional Jawa Barat. Bentuk senjata ini menyerupai pisau dengan ukuran yang lebih besar. Bedog memiliki bentuk beragam. 

Namun ciri umum senjata ini, panjangnya 30-40 sentimeter. Bedog juga memiliki banyak ragam. Misalnya saja Bedog Gagaplok yang sering dipakai untuk berkebun atau Bedog Pameuncitan yang dipakai untuk menyembelih.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: